Open Nav
Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Unit Pengolahan Ikan (UPI) PPP Dagho yang Dikelola Perum Perikanan Indonesia

Kabupaten Kepulauan Sangihe, 12 Mei 2016 - Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti melakukan kunjungan kerja ke pulau terluar sebelah utara RI tepatnya di Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kedatangan Menteri Susi yaitu untuk menjalankan serangkaian agenda di Kota Tahuna dan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Dagho.  Menteri Susi hadir didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Bapak Sjarief Widjaja, serta Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Ibu Rina.

 

 

Kehadiran rombongan Kementerian Kelautan dan Perikanan disambut oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Sangihe antara lain Bupati Bapak Makagansa, Wakil Bupati Bapak Jabes Gaghana, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sangihe Bapak Felix Gaghaube. Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Syahril Japarin, bersama dengan Kepala Divisi Perdagangan, Kuncoro Hariadi turut hadir pada kesempatan tersebut. Beberapa kegiatan Menteri Susi di Kabupaten Sangihe diantaranya meresmikan beroperasinya Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Dagho beserta beragam fasilitas di dalamnya yang dibangun sejak tahun 2015 lalu. Fasilitas yang diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan seperti Unit Pengolahan Ikan (UPI), Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN), gedung Stasiun Karantina Ikan, gedung Pengendalian Mutu dan Penanganan Hasil Perikanan Kelas 2 Tahuna, dermaga jetty apung dan, Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Tahuna.

 

 
 

Selain agenda peresmian PPP Dagho, Menteri Susi juga melakukan pelepasan ekspor perdana ikan malalugis beku sebanyak 25 ton ke Jepang dan memberikan bantuan berbagai sarana melaut kepada nelayan senilai Rp 57,6 miliar. Dalam rangkaian kunjungan tersebut, Menteri Susi juga menyaksikan penandatanganan MoU antara Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo dengan Direktur Utama Perum Perindo, Syahril Japarin. Perjanjian tersebut salah satunya terkait kerjasama pengelolaan fasilitas Unit Pengolahan Ikan (UPI) di PPP Dagho oleh Perum Perikanan Indonesia.

 

Fasilitas Unit Pengolahan Ikan (UPI) merupakan fasilitas yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang saat ini dikelola oleh Perum Perikanan Indonesia. Kegiatan yang telah berjalan di UPI PPP Dagho yaitu pengolahan ikan tuna menjadi tuna loin. Menteri Susi Pudjiastuti pun sempat mengengok aktivitas produksi tuna loin yang tengah berlangsung di dalam UPI. Bersamaan dengan kunjungan Menteri Susi, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia menerima sertifikat sertifikat kesehatan atau health certificate (HC) atas produksi tuna loin yang diproduksi di UPI PPP dagho.