5 Cara Menggunakan Google Translate di WA Secara Praktis

Posted on

Perumperindo.co.id – Cara Menggunakan Google Translate di WA – Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut semua hal juga harus ikut berkembang hampir pada seluruh aspek kehidupan. Kini google kembali hadir dengan fitur terbaru tepatnya pada fitur aplikasi penerjemah, Google Translate. Diantaranya fitur penerjemah bahasa asing pada aplikasi chat, cara menggunakan google translate di wa cukup mudah.

Pembaruan aplikasi ini dapat dinikmati oleh para pengguna perangkat yang berbasis android di seluruh dunia. Fitur yang dinamai Tap to translate ini mempermudah penerjemahan bahasa tanpa harus membuka aplikasi. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini untuk memperjelas langkah penggunaan fitur tersebut.

5 Cara Menggunakan Google Translate di WA Secara Praktis

1. Download Aplikasi Google Translate di Play Store

Langkah pertama yang wajib dilakukan ialah mendownload aplikasi Google Translate di Play Store yang tersedia pada setiap android. Biasanya setelah terdownload,otomatis aplikasi akan terinstal pada android. Kemudian jika proses penginstalan telah usai, kembali ke menu utama dan coba menjalankan aplikasi google translate tersebut.

2. Ubah Pengaturan pada Bagian Setelan

Jika sudah masuk dalam beranda aplikasi ini, cara menggunakan google translate di wa selanjutnya adalah pergi ke pengaturan. Pada tampilan aplikasi akan dijumpai tap pada garis 3 di sebelah pojok kiri atas. Kemudian akan muncul tampilan profil pengguna, pilihan beranda, transkrip yang disimpan, terjemahan offline, setelan dan bantuan.

Tap pada pilihan setelan, lalu akan muncul tampilan dengan beberapa pilihan. Diantaranya suara, wilayah, kecepatan, masukan ucapan, sentuh untuk menerjemahkan, kamera, penggunaan kuota dan hapus histori. Tap pada pilihan sentuh untuk menerjemahkan yang membawa ke langkah selanjutnya.

3. Mengaktifkan Fitur Penerjemah

Langkah selanjutnya yaitu geser toggle untuk mengaktifkan fitur penerjemah di atas background. Pada tampilan ini memberikan penjelasan mengenai adanya ikon floating yang mempermudah proses penerjemahan. Jika mengetuk pada ‘pelajari lebih lanjut’ maka akan membuka tab pada browser berupa penjelasan fitur.

Jika baru kali pertama menggunakan aplikasi google translate, pada android akan muncul sebuah notifikasi. Pop-up yang dijumpai akan bertuliskan ‘Izinkan ditampilkan diatas aplikasi lain’. Pilih izinkan agar dapat menjalankan aplikasi tersebut bersamaan dengan aplikasi lainnya.

4. Coba pada Aplikasi Chat

Apabila sudah diaktifkan akan ditandai dengan perubahan warna toggle abu-abu menjadi biru. Perlu diketahui, setelah aktif ada pilihan deteksi bahasa untuk menyesuaikan bahasa awal yang digunakan. Kemudian bukalah aplikasi chat seperti whatsapp dan cobalah untuk mengirimkan chat yang berbahasa asing.

Tekan dan tahan pada chat WhatsApp yang berbahasa asing hingga muncul icon pilihan copy atau salin. Pesan atau chat yang akan diterjemahkan harus disalin atau di copy terlebih dahulu. Kemudian secara otomatis akan muncul floating icon google translate pada layar ponsel.

5. Buka Floating Icon pada Layar

Selanjutnya akan muncul pop-up dari Google Translate pada pojok kanan atas layar berupa floating icon. Langsung saja tap bagian icon ‘Google Translate‘ tersebut dan pesan yang disalin akan muncul beserta terjemahan nya. Pada fitur ini bahasa yang terdeteksi maupun bahasa yang akan ditranslate dapat diubah sesuai tujuan.

Tak hanya itu saja, fitur ini seperti fitur yang dibuka pada aplikasi ‘Google Translate‘ sendiri bukan diatas aplikasi lain. Pasalnya, selain setelan deteksi bahasa yang dapat diubah, juga dapat menerjemahkan kalimat baru selain yang di copy sebelumnya. Lalu, bisa juga mengubah setting atau pengaturan untuk menonaktifkan fitur ini.

Itulah serangkaian cara menggunakan google translate di wa yang sangat mudah dilakukan dan tidak perlu ribet. Sekadar informasi, fitur ini dapat menerjemahkan diantaranya 108 bahasa dengan mengetik. Lebih menariknya, fitur ini dapat diakses secara offline sehingga bisa digunakan setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *